Label

Rabu

Mengantisipasi Puting Beliung

Akhir-akhir ini kerap terjadi angin puting beliung. Apakah pemerintah sudah melakukan tindakan antisipasi terkait hal tersebut? 

UNTUK mengantisipasi fenomena puting beliung, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menjajaki kerja sama membangun sistem peringatan dini. Meski cukup sulit untuk memprediksi terjadinya puting beliung, jaringan radar cuaca milik BMKG yang terdapat di sebagian besar bandara akan digunakan untuk mengidentifikasi potensi puting beliung di setiap daerah. 
Akan tetapi, BNPB tetap mengimbau masyarakat agar tetap melakukan langkah- langkah antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan. Bagaimanapun, kesiapsiagaan individu adalah hal yang terpenting. Perlu diketahui, puting beliung bersifat yang sangat lokal dan sesaat. Puting beliung hanya terjadi antara lima atau sepuluh menit, sehingga sulit dideteksi. Puting beliung muncul saat cuaca mendung gelap dan awan Cumulonimbus melimpah. Ketika terjadi angin dingin dan cukup kencang (doutndraft), usahakan tidak berada di sekitar pohon, papan reklame, dan atap bangunan yang kurang kuat. Berlindunglah di dalam
bangunan yang kokoh.

Kepala Pusat Data Informasi dan
Humas BNPB

Tidak ada komentar: