Label

Kamis

Merawat Bahan Alami Batik

KARENA menggunakan bahan-bahan alam, batik harus dirawat secara khusus untuk menjaga kualitas bahan dan warnanya. Berikut langkah-langkah penting yang harus diperhatikan pengguna :
Angin-anginkan
Jika batik menggunakan serat alam, maka mencuci bukanlah syarat wajib bagi perawatan kain jenis ini. Pada serat-serat tertentu, mencuci akan menjadikan bahan tersebut tidak lagi sama seperti saat kita pertama kali membeli. Langkah paling aman adalah dengan mengangin-anginkan kain. Keringat yang menempel pada kain, umumnya mudah terserap serat alam dan akan dihempaskan oleh angin. Pilih tempat yang minim terkena sinar matahari dalam menganginanginkan kain serat alam.

Gunakan Lerak
Tidak mencuci merupakan langkah aman untuk menjaga pewarna alam yang menempel pada kain. Namun jika ingin mencuci, maka guna kanlah cairan lerak untuk mencucinya. Cairan lerak ini sangat aman digunakan pada batik, dan sudah sangat mudah untuk ditemui di toko-toko. Hindari Deterjen Hindari pemakaian detergen jika ingin mencuci. Penggunaan zat kimia, akan menyebabkan pewarna alam pudar. Terlebih jika detergen angsung menempel pada kain dalam waktu yang lama, tindakan ini akan nenyebabkan titik-titak luntur yang ada pada kain.

Jangan Setrika
Pada beberapa serat alam, tindakan menyetrika juga tidak perlu dilakukan terlalu sering. Karena beberapa serat alam memang akan menghasilkan aksen kusut pada kain, sehingga jika dipaksakan menyetrika, akan mengurangi kualitas kain tersebut. Namun jika ingin sesekali menyetrika, gunakan penahan agar setrika tidak langsung mengenai kain, misalnya kertas, atau kain tipis lainnya.

Tidak ada komentar: