Label

Kamis

Tolong....!!! Saya Kena Campak / Gabag

Saya terserang gabag. Kulit saya penuh ruam merah dan terasa sangat gatal. Bagaimana penyembuhannya?

GABAG atau campak (morbili) adalah penyakit kulit yang timbul karena infeksi virus sangat menular yang disebut paramiksovirus. Virus ini terdapat di dalam darah dan sekret (cairan) nasofaring (jaringan antara tenggorokan dan hidung). Biasanya, sebelum muncul ruam di kulit, penderita mengalami demam, lemas, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata). Peralihan musim atau cuaca yang tidak menentu membuat seseorang rentan terkena penyakit ini. Kemudian, campak akan menular melalui droplet (percikan ludah) dan kontak. Penderita bisa
menularkan infeksi ini dalam waktu dua hingga empat hari sebelum timbulnya ruam kulit dan selama ruam kulit ada. Masa inkubasl adalah 10-14 hari sebelum gejala muncul. Orang-orang yang rentan terhadap campak adalah bayi berumur lebih dari setahun, bayi yang tidak mendapatkan imunisasi, serta remaja dan dewasa muda yang belum mendapatkan imunisasi kedua.
Gejala campak umumnya mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi. Penderita akan mengalami nyeri tenggorokan, sariawan, hidung meler, batuk, nyeri otot, demam, mata merah, fotophobia (rentan terhadap cahaya atau silau). Meski demikian, gejala ini tidak semuanya terjadi kepada setiap penderita. Tergantung dari stamina masing masing. Gejala klinis campak dibagi menjadi tiga stadium, yakni stadium awal (prodromal), stadium timbulnya bercak (erupsi), dan stadium masa penyembuhan (konvalesen). Untuk pengobatannya, cukup dengan rawat jalan, mengonsumsi cairan dan kalori, serta mengonsumsi obat penurun panas (parasetamol / asetaminofen), obat batuk, dan lainnya.

Sumber: RSU D Yograkarta

Tidak ada komentar: