Label

Jumat

Biaya instalasi listrik Pra bayar

Listrik Prabayar atau Listrik Pintar  adalah layanan terbaru dari PLN untuk konsumen dalam mengelola konsumsi listrik melalui Meter Elektronik Prabayar (MPB).

Penggunaan layanan ini dapat memberikan beberapa keuntungan yakni pelanggan dapat mengendalikan sendiri pemakaian listriknya, sehingga dapat diatur mengenai pembelian energi sesuai kemampuan masing-masing. Waktu pembelian pulsa juga dapat diatur sendiri, tanpa ada tuntutan harus membayar rutin setiap bulan karena tidak ada batas kadaluwarsa bagi stroom/ token. Pelanggan juga bisa mendapatkan kemudahan dalam pembelian pulsa (energi) karena dapat dilayani di atm dan loket PPOB di seluruh Indonesia. Tarif yang dikenakan pun flat.


Meskipun layanan listrik harus diisi ulang sendiri, tetapi pelanggan tidak perlu khawatir jika listrik tiba-tiba mati karena lupa mengisi stroom/token. Jika energi listrik yang tersimpan di MPB sudah hampir habis, maka MPB akan memberikan sinyal awal berupa bunyi atau lampu kedip-kedip agar segera dilakukan pengisian ulang.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, calon pelanggan dipersilahkan untuk mendaftarkan penyambungan listrik dengan proses sebagai berikut :
1. Calon pelanggan melakukan pendaftaran melalui loket PLN, Contact center PLN 123, SMS atau website dengan mempersiapkan data berupa nama calon pelanggan, alamat lokasi yang akan disambung, no hp/telepon calon pelanggan, daya yang diinginkan, rencana penggunaan listrik serta no ID pelanggan yang terdekat dengan lokasi yang akan dipasang baru.
2. Calon pelanggan membayar biaya penyambungan dan stroom perdana sesuai nomor registrasi.
3. Petugas PLN melakukan pemasangan dan calon pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik.
4. Penyalaan dapat dilakukan setelah calon pelanggan memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO).

Biaya penyambungan listrik prabayar yang harus dibayarkan ke PLN ini tergantung dari besaran daya dan PLN tidak menanggung biaya instalasi rumah (IR) ataupun bea materai. Besaran biayanya sebagai berikut :
Daya 450 : Rp 337.500,-
Daya 900 : Rp 675.000,-
Daya 1300 : Rp 975.000,-
Daya 2200 : Rp 1.650.000,-
Daya 3500 : Rp 2.712.500,-
Daya 4400 : Rp 3.410.000,-
Daya 5500 : Rp 4.262.500,-

Sedangkan untuk migrasi atau perpindahan dari pascabayar ke prabayar tidak dikenakan biaya penggantian meter namun tetap biaya administrasi berupa materai.

Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai Listrik Pintar, silahkan cek website pln.co.id atau hubungi call center PLN di nomor 123. Pelanggan juga dapat menghubungi via email di kontakkami@pln.co.id

Humas PLN APJ Yogyakarta

Tidak ada komentar: