Label

Senin

Memelihara Mobil Meski Jarang Dipakai


MUNGKIN  Anda  adalah  salah satu  dari orang yang sangat  sibuk,  tugas  memaksa
untuk  kerap  bepergian  ke luar  kota  atau luar negeri  dalam  jangka waktu lama.  Bila
Anda  memiliki  mobil pribadi, hal ini  harus diperhatikan  supaya  saat  kembali  nanti,
kendaraan  tidak  dalam  kondisi  terlantar atau mengenaskan.  Langkah pertama yang  harus  Anda  lakukan  adalah mencuci mobil  sebelum  ditinggalkan.  Kemudian, ikuti  tips-tips  berikut.

Rem  Tangan Dibebaskan
Kalau  dibiarkan  dalam  keadaan rem  tangan  masuk,  terutama  dalam waktu lama,  akan
terjadi  kelengketan antara  minyak dengan  piringan  rem, khususnya  bagi  kendaraan yang
memiliki  tromol  di roda  belakang.  Satu hal tambahan,  ada  baiknya  kunci  mobil Anda  biarkan  tergantung  di kemudi kendaraan Anda.  Bila rumah  Anda mempunyai  pembantu,  hal ini akan sangat  berguna  untuk memanaskan kendaraan  setiap hari.  Namun  jangan tinggalkan  kunci mobil bila ternyata Anda tidak  mempunyai  garasi  atau berada  di tempat  terbuka.

Lepaskan  Aki
Kenapa?  Alasannya  adalah karena aki mobil sangat sensitif.  Bila kendaraan tidak dinyalakan sama  sekali dalam  waktu  dua minggu atau lebih (terutama  bila di rumah  yang  Anda tinggalkan tidak  ada  pembantu), hal  itu akan  berpengaruh  ke akinya,  yang  bisa
lebih  cepat rusak  dibandingkan  dengan kendaraan  yang setiap hari dipakai.

Ganjal Ban
lni  berlaku bagi Anda yang  mempunyai garasi  dengan  permukaan  miring. Di tips  pertama  disebutkan  bahwa tidak  baik  memasukkan  posisi  rem tangan  bila kendaraan  ditinggal  cukup lama,  namun  bagaiman  bila permukaannya  miring? Caranya mudah, cukup ganjal  keempat  ban  dengan balok  atau benda  keras lainnya  supaya mobil  tidak  berubah  posisi.

Tutup  Mobil
Pengharum  berfungsi  untuk menetralkan  bau apek  yang  mungkin timbul karena  ruang  dalarn mobil tertutup dalam  waktu  lama.  Selain  itu,  mobil yang dibiarkan  dalam  keadaan  terbuka juga  memudahkan  partikel-partikel debu masuk  ke dalam  mobil melalui celah celah, suatu  hal yang tentunya tidak  diinginkan  oleh setiap  pemilik mobil.  Untuk menghindarinya,  cukup beli penutup  mobil yang  biasa  dijual di toko-toko  aksesoris  mobil.

Ganjal  Wiper
Bila  terus  bersentuhan dengan kaca mobil,  karet wiper perlahan  akan mengeras dan tidak  lentur lagi. Akibatnya  karet tersebut  (yang  biasa disebut karet  mati)  akan  terasa  kasar
saat kelak  dipergunakan  untuk  membasuh kaca  depan  mobil Anda.

Tidak ada komentar: