Label

Senin

Pendarahan spontan antara periode menstruasi (tanda kangker serviks)


Umur saya 22 tahun belum menikah, mengalami pendarahan spontan di antara periode menstruasi rutin. Darah yang keluar sedikit, tetapi dalam jangka waktu lama, bukan 2-3 hari saja. Apakah itu penyakit?? Lalu, bagaimana mengobatinya??

Pendarahan spontan yang terjadi antara periode menstruasi rutin merupakan salah satu gejala menderita kangker serviks, selain timbul masalah tersebut, kangker serviks juga memiliki gejala lain nya, antara lain timbul nya keptihan yang bercampur dengan darah dan berbau. Nyeri pinggul dan gangguan atau bahkan tidak bisa buang air kecil, serta nyeri ketika berhubungan seksual.

Kangker serviks disebabkan oleh humam papilomma virus (HPV). Ada 100 tipe HPV, tetapi yang paling banyak mengakibatkan kangker serviks adalah tipe 16 dan 18. Dua tipe tersebut merupakan penyakit 70 pesen kangker serviks di dunia.
Kangker serviks dapat di tularkan memalui kontak kulit, umum nya melalui hubungan seks. Dan yang paling beresiko terkena adalah mereka yang berhubungan seksual usia muda sering, sering melahirkan, perokok , dan suka berganti ganti pasangan seksual.

Kebanyakan infeksi HPV dan kangker serviks stadium dini memang berlangsung tanpa menimbulkan gejala sedikit pun, sehingga penderita masih dapat menjalani kegiatan sehari hariUntuk tindakan pencegahan dan pengobatan kangker serviks, sangat tergantung kepada stadium kangker serviks saat si diagnosa. Ada beberapa tindakan yang diambil dalam nmenangani kangker serviks, antara lain tindakan bedah( surgikal treatment) radioterapi, dan terapi paliatif (supportive care) yang lebih difokuskan kepada peningkatan kualitas hidup pasienuntuk lebih mengetahui secara pasti penyakit yang di derita oleh anda sebaiknya periksa ke dokter atau rumah sakit dengan demikian pengobatan dini bisa dilakukan.

Klinik penyakit kangker RSUP Dr Sardjito

Tidak ada komentar: