Label

Sabtu

Telinga Anak Keluar Cairan


Saya mau tanya.  Anak  saya berumur  delapan  bulan,  di telinga  kanannya  keluar cairan kental  putih.  ltu  penyakit apa ya? Bagaimana mengobatinya?  Terima  kasih.

APABILA  keluarnya  cairan  dari  telinga  anak  berwarna  kekuningan  dan berbau  busuk bahkan sebelumnya  didahului dengan  batuk,  pilek, demam  tinggi hingga  anak tampak  rewel  serta kesakitan  di bagian telinganya, harus  diwaspadai. Gejala 
tersebut menandakan  bahwa anak  Anda telah  mengalami  infeksi di telinga  bagian  tengah yang disebabkan  oleh infeksi  di saluran nafas  atas (batuk  dan pilek). Infeksi  telah  menyebar ke  telinga,  mengakibatkan terbentuknya  cairan  yang semakin lama  semakin banyak dan tak  bisa  keluar  dari telinga  tengah. Kemudian,  tekanan  yang meningkat  ke  telinga tengah akan  merobek gendang  telinga,  yang merupakan alas antara  telinga luar  dan telinga  tengah,  sehingga  telinga  keluar  cairan. Secara  medis,  penyakit tersebut  disebut  dengan istilah  Otitis Media  Akut (OMA). Anak  dengan daya  tubuh  lemah  atau rnenderita  rinitas  alergika (pilek karena  alergi) sering kali mengalami  infeksi  penyakit ini.  Pada  bayi, tuba eustachiusnya  pendek, lebar, dan letaknya horizontal, karenanya  mudah  pula terinfeksi. Orangtua harus segera tanggap  dengan  kondisi ini,  sehingga  infeksi  cepat diatasi.  Karena  itu, sebaiknya Anda segera  mengobatkannya ke dokter bagian  THT.  

RSUP  Dr Sardjito

Tidak ada komentar: