Label

Senin

Tips mempercantik teras rumah


TERAS  merupakan area yang sering kali luput  dari perhatian. Padahal fungsinya yang  mengantarkan  orang  dari halaman ke dalam rumah,  memiliki  potensi untuk memberi  kesan pertama yang  unik.  Apalagi jika Anda  yang acapkali  menerima  tamu  di teras  depan  rumah,  sesekali  mempercantik area ini  tak ada salahnya. Kalau teras jadi  cantik,  acara  menyambut tamu  pun menjadi  menyenangkan. 

Sebelum  mempercantik  teras,  Anda perlu melihat penempatannya  terlebih  dahulu. Teras rumah  yang  terletak  di belakang  dan samping  rumah  akan  berbeda  dengan  teras yang berada  di depan  pintu  rumah. Dewasa  ini,  teras di depan  rumah lebih  formal,  ini dikarenakan  pergeseran fungsi  teras  depan.  Dulu  bisa  Anda lihat, misalnya teras  depan  rumah  masyarakat Betawi  dibuat  begitu  luas.  Namun, kecenderungan  masyarakat  kota  yang menginginkan  privasi  menempatkan teras  di bagian  belakang  rumah  atau samping. Menurut  laman  di rumahsaya.com atau inforumahsaya.blogspot.com ,perkembangan  lainnya  adalah  teras  depan rumah  bergeser  ke  ruang  penerima  tamu  di dalam  rumah  bernama  Foyer.  

Foyer sebagai area transisi  menuju  ruang  tamu  sudah banyak contohnya  didesain  menarik. Misalnya  dengan  menggunakan  material kayu,  permainan  warna  di dinding, atau memakai  material batu  merah.  Foyer banyak dijumpai  di bangunan  apartemen, sementara  teras  masih banyak  dijumpai pada hunian  perumahan. 

Untuk  mempercantik  teras  rumah  yang ada di depan  rumah,  Anda bisa  menempatkan  meja  dan  kursi dari material yang  ringan,  kemudian  ditambah dengan sentuhan  tanaman  bunga  dalam pot yang digantung.  Atau tempatkan  tanaman  hias atau  tanaman-tanaman  perdu  di sisi luar teras. Jika  senang  dengan  material kayu, coba kursi  unik  dari  kayu  bantalan kereta api. Bentuk  kursi  yang memanjang  cukup untuk memenuhi  teras.  

Motif kayu bantalan kereta api yang  unik  dipadu  dengan  bantal-bantal kursi bisa membuat  tamu  betah menunggu  di teras  rumah. Bisa juga  Anda menempatkan  meja kursi  dengan  paduan  warna-warna yang dikontraskan  agar menarik perhatian, misalnya  meja berwarna  hitam  dengan  dua kursi berwarna putih. Perhatikan  warna furniturnya,  pilihlah yang  tahan terhadap cuaca.

Tidak ada komentar: