Label

Selasa

Gangguan lambung

Saya mau  tanya,  nih.  Apa  bedanya sakit maag, sakit ulu  hati,  dan sakit  tukak  lambung??  Kalau sakit  maag  menahun,  obatnya apa ya? Terima kasih.

LAMBUNG sama  halnya dengan  organ lain  yang perlu  diperhatikan  kesehatannya. Jangan telantarkan lambung  Anda hanya  karena  kesibukan sehari-hari.  Sebab  gangguan  lambung mengakibatkan  rasa  perih dan  panas  di ulu  hati,  mual, dan kadang-kadang  sampai muntah. Berdasarkan survei  70 persen dari  179 orang  mengalami  gangguan lambung/ maag.  Mereka mengalami sindrom  dyrpepsia, yaitu  kumpulan  keluhan/ gejala  klinis yang  terdiri  atas rasa  tidak  enak/sakit,  rasa penuh,  dan  rasa  panas  di perut  bagian  atas yang  menetap,  serta  mengalami  kekambuhan rasa  nyeri  dan panas di ulu  hati.
Sebagian  besar  masyarakat menganggap  sakit maag  dan  tukak lambung disebabkan oleh  beban pikiran  (stres),  merokok, makanan pedas  (atau asam), dan  pola makan yang tidak teratur.  Sejatinya,  semua hal tersebut  adalah  faktor risiko yang memperparah  sakit maag dan  tukak  lambung.

Akibat  dari persepsi yang salah, penderita mengonsumsi  obat  dalam  jurgka waktu lama dan  berulang,  berupa  antasida  dan obat antisekresi  asam  lambung seperti  H2 Bloker  dan Proton  Pump  Inhibitor. Padahal,  maag terjadi karena  ada  gangguan  lambung  di mana  terdapat  luka di dinding  lambung,  mulai dari  intensitas  ringan  (biasanya  belum  muncul  gejala/asimtomatis), sedang, dan parah/kronis (terdapat bakteri  H pylori).
Di dalam lambung  terdapat mukosa  lambung, yakni  lapisan  pelindung lambung  yang berfungsi untuk  menahan  asam lambung  yang  mengiritasi.  Jika lapisan  ini  rusak,  lambung kita akan  mudah teriritasi oleh asam  lambung  yang berlebih.
Apabila dibiarkan  berkepanjangan,  gangguan lambung dapat  mengakibatkan kanker lambung  yang mematikan.  Karena nya,  jika gejala sakit maag  datang, harus  diatasi  dengan  kombinasi  dua  sampai tiga  jenis obat.  Namun,  kita  jugu  harus  berhati-hati  dalam  memilihnya. Sebab, pemilihan obat  sakit maag  yang  salah justru  akan  membantu  pertumbuhan  bakteri dan menimbulkan  penyakit lainnya.
Sebaiknya,  Anda berobat ke  dokter  dan meminta rujukan.  Tanyakan,  apa yang harus dilakukan  untuk mengatasi  gangguan  lambung Anda.

RSUP Dr Sardjito

Tidak ada komentar: