Kamis

Mengurus SKCK tetapi KTP luar daerah

MOHON informasi mengenai cara mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Saya tinggal dan bersekolah di Yogyakarta, tapi ber-KTP luar daerah. 

SKCK yang saudara tanyakan tidak bisa dilakukan pengurusannya di Polresta Yogyakarta. Sebab, syarat untuk mengurus SKCK adalah identitas diri (KTP) sesuai domisili. Anda baru bisa memroses SKCK di Polresta Yogyakarta jika sudah memiliki KTP Kota Yogyakarta. Karenanya, Anda sebaiknya mengurus penerbitan SKCK di Polres sesuai domisili yang tertera di KTP. Syarat syaratnya:
(A) SKCK Baru
- Membawa surat pengantar dari kantor kelurahan tempat domisili pemohon
- Membawa fotokopi KTP/ SIM sesuai domisili yang tertera di surat pengantar dari kantor kelurahan
- Membawa fotokopi akta kelahiran dan kartu keluarga Membawa pas foto terbaru, berwarna dan berukuran 4x6 sebanyak empat lembar 
- Mengisi formulir daftar riwayat hidup yang telah disediakan di kantor polisi
- Pengambilan sidik jari oleh petugas
(B) Memperpaniang masa berlaku SKCK
- Membawa SKCK lama asli / legalisir (maksimal telah habis masa berlakunya selama satu tahun)
- Membawa fotokopi KTP/SIM
- Membawa pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak tiga lembar
- Mengisi formulir perpanjangan masa berlaku SKCK yang disediakan di kantor polisi 

Sesuai PP No. 50 Tahun 2010, biaya administrasi penerbitan SKCK adalah Rp 10.000.

Kepala Satuan Intelkam
Polresta Yogyakarta

20 komentar:

Online Cara mengatakan...

kalau bisa skck online akan lebih cepat nih
terima kasih infonya

Libri Monica mengatakan...

kalau misalnya mau perpanjang skck tetapi berbeda dengan domisili ktp yang skearang apakah persyaratannya sama aja ?

REKREASI BALI mengatakan...

Saya kemarin perpanjang skck alamat ktp domisili saya di surabaya jawa timur dan sekarang kerja di denpasar
Caranya sebagai berikut
1.buat surat ijin tinggal sementara di kelurahan tempat sist tinggal bkn ktp yaa...
2.ke polres bawa fotocopy ktp dan fotocopy surat ijin tinggal sementara bawa foto 4x6 4 lembar background warna merah
4.isi data sister di polres
5.hasil dokument sidik jari kirimkan ke kota asal trus lampiri fotocopy akte kelahiran,KK,ktp,foto 4x6 2 lbr,tanda tangan di sehelai kertas putih.
6.minta tolong sama orang rumah/kawan yang deket untuk urus ke polwil lampiri surat pengantar dari kelurahan setempat
7.tunggu proses proses 2 hari
8.hasil skck nya suruh kirim via pos/ekspedisi
9.selesai deh

wahyu pratama188 mengatakan...

Via email kirim nya ya om? Ntar di print apa lngsung di kasih in aja email nya biar di urus di porles atau gmna???

Ra ayu prastya mengatakan...

Apa tetep masih gak bisa ya buat SKCK online dengan beda domisili?

Anonim mengatakan...

Aduh gue jadi pusing....Bikin SKCK beda daerah emang g bisa gmn dong...

REKREASI BALI mengatakan...

Kmrn ada perubahan cara pemvuatan skck awal february 2017
Buat skck diluar domisili bisaa
Caranya
1.bawa foto 4x6 6 lembar background merah
2.bawa fotocopy ktp 2 lbr
3.bawa fotocopy 2lbr surat ijin sementara dari lingkungan setempat
4.bawa pulpen jg lupaa
5.datang ke kantor pelayanan skck pagi pagi jam 8 supaya cepat jadi
6.selesai.

Fatkhur Rohman | FRO mengatakan...

@Rekreasi Bali : itu berlaku di polsek atau polres?

falovely fivers mengatakan...

Kalo legalisir skck,di luar domisili bisa gx?

agus setiono mengatakan...

Bisa brati gan buat skck atau perpanjang skck di wakili.

agus setiono mengatakan...

Bisa brati gan buat skck atau perpanjang skck di wakili.

Arif Gustian mengatakan...

@REKREASI BALI. Apakah pembuatan skck di luar domisili itu udah peraturan baru atau bukan? apakah itu berlaku untuk di seluruh indonesia?
mohon jawabannya.

REKREASI BALI mengatakan...

Iaa berlaku untuk seluruh wilayah indonesia

Muhammad Wardhany mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Muhammad Wardhany mengatakan...

Ini ada bukti nyata kaya uu atau apa gitu ga gan?

Gema Chieviet mengatakan...

Terimakasih atas infonya tentang peraturan baru mengenai pengurusan SKCK di luar domisili KTP.
Tapi kalau boleh bs tolong d cantumkan sumber info tntg peraturan barunya gak @REKREASIBALI.

KTP saya daerah Tembilahan Riau. Sedangkan keperluan SKCK Untuk keperluan bekerja di jakarta.
.terimakasih

fahrur rozi mengatakan...

tanpa Akte Lahir bsa jg gak gan?

Ahmad Maliki mengatakan...

http://skck.polri.go.id/#section2

Dede Irawan mengatakan...

Klo hari minggu polsek melayani pembuatan skck nggak? ? Soal nya sau sekarang di jakarta, sedangkam ktp saya alamat solo, nahh sembet pulang nya itu hnya hri minggu, kira2 hari minggu polsek mau melayani nggak ya gan???

Arifin Samsul mengatakan...

Saya tadi ke salah satu Polsek Surabaya dan kata pengurusnya saya harus bikin di KTP asal...padahal saya udah mengantongi surat registrasi dari SKCK online....tolong jawabannya gan solusinya gimana nie...