Label

Senin

Mantaat dan Efek Buruk Antibiotik


SETIAP  terkena  (gejala) flu, oleh  dokter,  saya  selalu  diberi tiga macarn obat,  salah  satunya antibiotik.  Tiga  hari  kemudian, obat habis, flu pun  hilang. Mohon dijelaskan,  kenapa  selalu  ada antibiotik dalam  pengobatan dan  apa  efek  buruknya?  Terima kasih.

MANFAAT antibiotik  ini adalah untuk menekan atau menghentikan  perkembangan  bakteri  atau  mikroorganisme  berbahaya  yang berada  di  dalam tubuh. Manfaat antibiotik  yang
paling sering  digunakan adalah untuk  mencegah terjadinya  infeksi  luka.
Penggunaan  Antibiotik
Antibiotik  digunakan dalam berbagai  bidang, antara  lain di bidang  pertanian,  kesehatan,  dan bioteknologi.  Dalam  penggunaannya  bagi manusia, jumlah  masing-masing antibiotik  sudah  ditentukan  oleh banyak  dan lamanya  penggunaan. Hal tersebut  dimaksudkan agar  bakteri  yang  ingin dibunuh tidak  menjadi kebal  terhadap  antibiotik yang  diberikan,
Karena  itu,  ketika  meminum, semua  antibiotik yang diberikan  harus dihabiskan. Jika tidak,  bakteri yang menjadi  sasaran  akan kebal terhadap  antibiotik. Dan apabila  hal itu  terjadi, manfaat  antibiotik  untuk membunuh bakteri malah bisa  mengakibatkan  penyakit  tidak  kunjung sembuh walaupun  pasien  sudah diberikan berbagai  macam obat.
Dampak  Penggunaan  Antibiotik  yang Berlebihan Memaang,  manfaat antibiotik  sangatlah  banyak. Namun,  selain  memberi manfaat,  penggunaan antitibiotik  secara terus  menerus jugu  mengakibatkan dampak buruk  bagi kesehatan.  Di antaranya adalah sistem kekebalan  tubuh menjadi  lemah  dan rentan terkena  penyakit.
Kondisi  seperti  itu  disebabkan  antibiotik  yang membantu  membunuh bakteri membuat  sistem  kekebalan tubuh,  sehinggapasien menjadi ketergantungan.  Dengan kata lain,
jika  antibiotik  tidak ada, pasien akan lebih  mudah sakit.
Selain  itu,  pemberian antibiotik  sejak dini juga bisa  mengakibatkan  alergi bagi  anak  saat  dia  besar nanti. Gigi  anak jugu  akan mudah  rusak,  terjadi  gangguan saluran penrcernaan, bahkan  bisa  mengakibatkan kekurangan  vitamin  K, yang sejatinya  berguna untuk membantu  pembekuan  darah  saat  terjadi luka.
Dampak buruk dari  pemberian  antibiotik  sec ara berlebihan  bisa  terjadi  jika  fungsi utama  dari antibiotik yang membunuh bakteri juga ikut membunuh  bakteri lain, baik yang  berfungsi  untuk membantu pencernaan maupun  penyerapan  sari-sari  makanan.

Instalasi  Farmasi  RSUP
Dr Sardjito

Tidak ada komentar: