Label

Jumat

Keuntungan listrik Pra bayar

apa keunggulan layanan listrik prbayar? Terima kasih.

Jawaban : Program listrik prabayar adalah layanan terbaru dari PLN bagi konsumen, supaya bisa mengelola konsumsi energi listrik melalui meter elektronik prabayar (MPB). Beberapa keuntungannya adalah:

1. Pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik. Seperti disebutkan di atas, melalui MPB, pelanggan bisa memantau pemakaian listrik sehari-hari dan setiap saat. Di meter tersebut, tertera angka sisa pemakaian kWh terakhir. Bila dirasa boros, pelanggan dapat mengerem pemakaian listriknya.


2. Pemakaian listrik bisa disesuaikan dengan anggaran belanja. Sebab, dengan nilai pulsa listrik (voucher) bervariasi (Rp 20.000 hingga Rp 1 juta), diharapkan bisa memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam membeli listrik sesuai kemampuan dan kebutuhan (lebih terkontrol dalam mengatur anggaran belanja keluarga).

3. Tidak akan terkena biaya keterlambatan. Alasannya, tidak ada lagi biaya tambahan bayar listrik karena terbebani biaya keterlambatan yang disebabkan lupa membayar tagihan.

4. Privasi lebih terjaga dan pelanggan merasa nyaman. Sebab, pelanggan tidak perlu menunggu dan membukakan pintu untuk petugas pencatatan meter. MPB akan secara otomatis mencatat pemakaian listrik Anda (akurat dan tidak ada kesalahan pencatatan meter).

5. Jaringan pembelian listrik isi ulang cukup luas. Saat ini, pembelian pulsa listrik (voucher) sudah bisa didapatkan di lebih dari 30.000 ATM di seluruh Indonesia. Selain itu, pulsa listrik juga bisa didapatkan di loket pembayaran listrik online.

6. Sebagai pemilik rumah atau kamar sewa, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan tagihan listrik yang tidak dibayar oleh penghuni rumah kontrakan. Sebab, pemakaian listrik sudah menjadi tanggung jawab dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan penyewa. 

Humas PLN APJ Yogyakarta

Tidak ada komentar: