Label

Selasa

Memilih Kamera Untuk Pemula Belajar Fotografi


Saya  berkeinginan  untuk  serius  memulai belajar  fotografi.  Teman teman  saya  banyak  yang  menggunakan  kamera  Canon DSLR 500D, yang  ingin saya tanyakan  :
1. Kamera  apa saja  yang kualitasnya  setara dengan  DSLR  Canon 500D?
2. Apa pilihan  kamera  terbaik  dan berapa  harganya  untuk  kelas pemula seperti  saya?
3. Apakah  merk dan  seri  kamera membawa pengaruh  besar  terhadap  hasil foto?


Terimakasih  atas  pertanyaan  Anda, saya akan  bantu  menjawab  pertanyaan
tersebut:

1. Untuk kamera DSLR, banyak  merk lainnya.  Untuk  belajar  fotografi  tidak harus terpaku  pada satu dua macam merk. Saat  ini  Canon 500D  sudah upgrade  menjadi  tipe  600D dengan fitur  dan  keunggulan  yang jauh  lebih baik.  Kamera yang  saya  rekomen-dasikan  adalah  DSLR  tipe Canon 600D,  Canon 550D,  Nikon  D5100, atau  di kelas  Mirrorless  ada Olympus EPL2  dan Samsung  NX200.

2. Bicara kamera  yang bagus ini  bisa dari  dua  sisi,  pertama  alat  ini  bisa membantu  menghasilkan karya yang baik.  Atau alat  itu  memang mempunyai spesifikasi  dan kemampuan yang  baik. Perlu  diingat bahwa hasil foto  yang  baik itu tidak  hanya
ditentukan oleh  kameranya  saja  Tiap merk  punya kelebihan  dan  kekurangan.  Merk mana  yang paling bagus,  itu  sangat  relatif.  Daripada  kita hanya  nrembandingkan  spek,  lebih baik berorientasi  pada budget  yang dimiliki.  Misalnya anda  menyediakan dana  sekitar  enam  sampai  tujuh  juta rupiah.  Maka beberapa kamera yang saya  sebut  di jawaban  pertanyaan pertama  tadi  adalah  yang  terbaik  di kelasnya.

3. Merk dan seri  kamera  tidak  ubahnya bila  kita membicarakan  mobil  mana yang  terbaik.  Apakah merk Toyota, Honda,  Ford,  BMW,  Mercedes, atau malah Jaguar?  Teknologi  kamera yang semakin  canggih  tentu akan memudahkan  penggunanya  untuk mendapatkan  hasil  seperti  yang diingankan.  Hanya  saja,  di sini apabila kita  membicarakan kualitas  maka  kita harus  ingat  bahwa  merk  dan  seri sebuah  kamera  tidaklah  menentukan, karena  masih banyak  faktor  seperti lensa  dan  kualitas  sensor. Tapi  yang paling  penting  adalah  kemampuan mengoperasikan  dan memotret dengan  baik dan benar  menurut kaidah-kaidah  fotografi  dasar Semoga jawaban  singkat  dari pertanyaan-pertanyaan  tersebut  dapat memberikan  sedikit  pencerahan  untuk memulai belajar fotografi  dan memilih kamera  yang tepat  sesuai  dengan Kebutuhan Anda

Tidak ada komentar: